FEATURED VIDEO

Selamat Datang di "GERBANG KADIRI NEWS". ..................................................................................... Kami berusaha memberikan informasi yang uptodate bagi pengunjung ataupun penggemar GE-KA NEWS. ..................................................................................... Jangan lupa tinggalkan komentar anda, agar kami dapat memperbaiki atau memberikan yang lebih baik untuk kepentingan kita bersama. Terima kasih. ..................................................................................... (GE-KA / 4reitech Team)

Friday, July 23, 2010

ONH Turun Rp 720 Ribu

Jakarta-HARIAN BANGSA
Pemerintah dan Komisi VIII DPR akhirnya menyepakati Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH) turun USD80. Ongkos haji tahun ini akhirnya ditetapkan menjadi USD 3.342.

Kesepakatan ini diambil dalam rapat kerja Komisi VIII dengan Kementerian Agama di Gedung DPR, Rabu (21/7) sore. "Biaya haji turun USD80 dari tahun sebelumnya sebesar USD3.422 menjadi USD3.342," kata Menteri Agama Suryadharma Ali kepada wartawan.

Suryadharma menambahkan, meski ongkos turun, kualitas pelayanan ibadah haji akan meningkat dibanding tahun sebelumnya. Tahun ini, pemondokan di ring satu Mekah menjadi 63 persen dari sebelumnya hanya 27 persen.

Soal biaya penerbangan ke Arab Saudi ditetapkan menjadi USD1.720. Biaya pelayanan umum untuk Kerajaan Arab Saudi sebesar USD272. Sementara harga biaya pemondokan di Mekah 2.850 riyal dan 600 riyal untuk pemondokan di Madinah. Sementara living cost mencapai 405 USD
"Kesepakatan sudah disetujui, nanti hasil dari ketetapan ini langsung dikirim ke presiden," ujar dia.
Menurut dia, semua pembahasan soal ongkos haji sudah dibahas oleh panitia kerja BPIH dari Kementerian Agama dengan Komisi VIII. "Upaya mempertemukan perbedaan yang berkaitan dengan harga -indirect cost- dan -direct cost," sambungnya.

"Kenapa Kemenag tidak mau turun lebih murah lagi? Karena saldo dana optimalisasi yang sekarang diproyeksikan sebelum tahun 2011-2012, sekaligus mengantisipasi apabila terjadi kenaikan faktor biaya haji di tahun mendatang," paparnya.
Menteri Agama memaparkan dalam Rapat Komisi VIII DPR Komponen BPIH yang dibayar langsung (Direct Cost) yakni meliputi:
- Biaya Penerbangan Jamaah Haji dari embarkasi ke Arab Saudi
- Biaya perjalanan di dalam Arab Saudi
- Biaya pemondokan di Makkah dan Madinah
- Biaya hidup di Arab Saudi

Sedangkan komponen yang dialihkan ke indirect cost:
- Sewa hotel transit Jeddah
- Biaya selisih distribusi pemondokan di Makkah
- Sewa rumah cadangan
- Konsumsi di tempat transit Jeddah
- Konsumsi masa kedatangan dan kepulangan
- Konsumsi selama di Armina
- Pelayanan bongkar muat barang
- Safe quarding

Maka Direct Cost per-embarkasi sebagai berikut (dalam US dolar):
- Aceh: 3.147
- Medan: 3.237
- Batam: 3.325
- Padang: 3.233
- Palembang: 3.280
- Jakarta: 3.364
- Solo: 3.327
- Surabaya: 3.432
- Banjarmasin: 3.440
- Balikpapan: 3.474
- Makassar: 3.505

"Pemerintah memahami keinginan Komisi VIII untuk menurunkan platfon biaya sewa pemondokan lebih rendah dari yang diusulkan pemerintah sejalan dengan ketersediaan cadangan hasil optimimalisasi setoran awal BPIH. Namun, demikian pemerintah berpendapat bahwa cadangan hasil optimalisasi tersebut sangat penting untuk menjaga agar tidak terjadi BPIH yang signifikan pada tahun mendatang," kata Suryadharma.
Akhirnya, Komisi VIII dan Pemerintah menyepakati, pertama, komponen direct cost BPIH sebesar 3.342 dolar Amerika.

"Apabila terjadi perubahan besaran BPIH setelah diajukan ke presiden, harus dibahas kembali untuk mendapatkan persetujuan DPR RI sebagaimana amanat Undang-undang Nomor 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji.

Disampaing membahas ONH, Suryadharma Ali membantah kabar bila kementeriannya menyetor uang Rp25 miliar ke Komisi VIII DPR untuk memuluskan persetujuan penetapan Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPIH)

"Saya tidak pernah memberikan seperak pun dalam pembahasan BPIH. Saya tidak tahu isu itu dari mana," kata Suryadharma.

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger