FEATURED VIDEO

Selamat Datang di "GERBANG KADIRI NEWS". ..................................................................................... Kami berusaha memberikan informasi yang uptodate bagi pengunjung ataupun penggemar GE-KA NEWS. ..................................................................................... Jangan lupa tinggalkan komentar anda, agar kami dapat memperbaiki atau memberikan yang lebih baik untuk kepentingan kita bersama. Terima kasih. ..................................................................................... (GE-KA / 4reitech Team)

Saturday, July 17, 2010

MSG Bisa Gugah Selera Makan

HAMPIR semua orang pernah merasakan yang namanya vetsin, atau istilah kimianya monosodium gluatamate (MSG). Masakan diyakini tidak berasa lezat apabila belum dibubuhi MSG.

MSG sendiri merupakan gabungan dari sodium/natrium (garam), asam amino glutamat, dan air. Penegas cita rasa ini dibuat melalui proses fermentasi tetes tebu oleh bakteri Brevi-bacterium lactofrementum yang menghasilkan asam glutamat. Kemudian, dilakukan penambahan garam sehingga mengkristal.

Itu sebabnya MSG sering ditemukan dalam bentuk kristal putih. Dan kini, MSG sudah menjadi suatu kebutuhan bagi para peNcinta masakan. Apa pasal?
 
“MSG dikembangkan untuk menggugah selera makanan. Untuk lansia (yang kurus dan tidak nafsu makan) penggunaan MSG bisa meningkatkan jumlah makanan yang dikonsumsinya. Makanan penderita diabetes (yang kurus) dengan memberikan tambahan sedikit MSG, dia bisa mengonsumsi makanan lebih banyak. Indeks kualitas hidup terbukti lebih baik,” papar Prof Dr Ir H Hardinsyah MS, ahli nutrisi dari Institut Pertanian Bogor dalam acara kunjungan ke pabrik AJINOMOTO, Mojokerto, Surabaya, Rabu (14/7/2010).

Hardinsyah yang menjabat ketua umum Pergizi Pangan Indonesia ini menjelaskan, setiap makanan yang gurih diakibatkan karena adanya glutamat.

“Glutamat ada yang terikat, ada yang bebas. Setiap makanan yang gurih karena glutamat, zat yang sudah ribuan tahun digunakan oleh masyarakat Jepang. Di mana makanan-makanan mereka ada rasa gurih, dan diteliti serta didalami lebih lanjut. Glutamat adalah bagian dari protein, asam amino yang tidak dibuat dari tubuh, dan harus diambil dari makanan,” jelas profesor berkacamata tersebut.
Lantas, adakah manfaat dari mengonsumsi glutamat?

“Glutamat bisa merangsang cairan lambung. Kalau kita makan, kita butuh cairan lambung untuk memecah makanan tersebut. Kalau cairan lambung kurang, makanan tidak sempurna dicerna dalam tubuh. Dengan MSG, makanan lebih cepat dicerna oleh lambung,” tutup Hardinsyah.
(tty/OKEZONE)

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger