FEATURED VIDEO

Selamat Datang di "GERBANG KADIRI NEWS". ..................................................................................... Kami berusaha memberikan informasi yang uptodate bagi pengunjung ataupun penggemar GE-KA NEWS. ..................................................................................... Jangan lupa tinggalkan komentar anda, agar kami dapat memperbaiki atau memberikan yang lebih baik untuk kepentingan kita bersama. Terima kasih. ..................................................................................... (GE-KA / 4reitech Team)

Saturday, July 17, 2010

Bisakah Pria Menyusui?


Jakarta, Menyusui adalah kodrat seorang ibu yang baru melahirkan. Perubahan hormon-hormon di dalam tubuh selama kehamilan akan merangsang produksi susu pada payudara ibu. Tapi yang sering menjadi pertanyaan, bisakah seorang laki-laki menyusui?

Laktasi atau proses menyusui pada laki-laki memang sangat jarang terjadi, tapi pada kenyataannya beberapa laki-laki ternyata juga bisa menyusui.

Seperti diketahui, perempuan bisa mengeluarkan air susu karena hormon estrogennya yang berlimpah selama 9 bulan kehamilan. Laki-laki juga punya hormon estrogen, hanya saja butuh waktu untuk merangsangnya lebih banyak.

Selain itu, laki-laki juga terlahir dengan kelenjar susu, sama halnya dengan perempuan. Jadi, bila kadar estrogen dalam tubuh meningkat, tak mengherankan bila laki-laki juga bisa menyusui.

Tapi yang pasti, air susu yang keluar dari payudara laki-laki jelas tidak sebanyak pada perempuan sehingga jumlah gizinya tidak sebanyak perempuan menyusui.

Dilansir dari Hubpages, Jumat (16/7/2010), laktasi pada laki-laki dapat terjadi bila:

  1. Seorang laki-laki sedang dalam proses pengobatan, yang efeknya dapat merangsang kelenjar susu. Biasanya disebabkan oleh obat hormonal regimen yang diresepkan untuk mengobati beberapa kondisi kesehatan.
  2. Laki-laki yang sedang mengalami ketidakseimbangan hormon
  3. Berada di bawah tekanan. Ada beberapa laporan dari tawanan perang yang dapat memproduksi susu karena keadaan yang stres dan kurangnya makanan.
  4. Adanya stimulasi atau rangsangan pada payudara yang dilakukan secara teratur

Mungkin tidak banyak orang yang mendengar bahwa laki-laki bisa menyusui, selain karena relatif jarang, hal ini juga karena tidak banyak laki-laki yang menyadarinya atau tidak mau mengakuinya.

Namun, proses laktasi pada laki-laki adalah nyata dan mungkin terjadi. Bahkan tidak hanya manusia, mamalia jantan pun memiliki kemungkinan untuk bisa menyusui anak-anaknya.

(mer/ir/DETIK)

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger