FEATURED VIDEO

Selamat Datang di "GERBANG KADIRI NEWS". ..................................................................................... Kami berusaha memberikan informasi yang uptodate bagi pengunjung ataupun penggemar GE-KA NEWS. ..................................................................................... Jangan lupa tinggalkan komentar anda, agar kami dapat memperbaiki atau memberikan yang lebih baik untuk kepentingan kita bersama. Terima kasih. ..................................................................................... (GE-KA / 4reitech Team)

Friday, August 20, 2010

Nikmatnya Menu Jawa untuk Berbuka

MASAKAN orisinal Jawa memang selalu membuat kita kangen. Apalagi masakan daerah ini hampir disukai semua orang. Sebut saja nasi gudeg yang disajikan lengkap dengan telur, ayam, krecek, dan sambal. Hmm, agaknya pas untuk berbuka nanti.

Atau nasi bakar, belum lagi nasi timbelnya yang gurih. Nah, restoran Pawon Nyonya adalah salah satu restoran yang menghadirkan menu-menu ini. Di samping nasi, di sini juga bisa dicicipi bistik ayam, ayam bakar bumbu rujak, dan ayam goreng cabai hijau, termasuk sate ayam dan sate kambing.

Untuk berbuka puasa, Seputar Indonesia sengaja memilih sup iga pedas dan kupat tahu khas Magelang. Iga yang disajikan dalam mangkuk lengkap dengan taburan bawang goreng, daun bawang, dan tomat yang sudah dipotong dadu, sangat menggoda.

Tak sabar rasanya menunggu waktu magrib tiba. Nah, saat azan magrib berkumandang, langsung saja iga tersebut disantap. Daging iganya empuk dan kuahnya sangat terasa rempah dan harum pula aromanya.

Sup ini enak dinikmati bersama sambal cabai rawit dan perasan jeruk nipis yang membuatnya tambah menjadi-jadi kesegarannya. Wah, puas sekali.

Berikutnya, giliran kupat tahu khas Magelang yang dieksekusi. Sekilas penampilan kupat ini serupa dengan ketoprak yang biasa kita nikmati untuk sarapan mungkin.

Namun, itu hanya penampilan luarnya saja, sebab setelah dicicipi, tergigitlah bakwan sayuran yang telah dipotong kotak-kotak. Kupat ini juga menggunakan kol putih di samping taoge panjang dan tahu putih.

Yang lagi membedakannya adalah saus yang digunakan. Ketoprak hanya menggunakan bumbu kacang, tetapi kupat tahu khas Magelang ini juga disiram dengan saus yang terdiri atas air, cuka, dan kecap manis. Karena itu, rasanya percampuran antara manis dan agak asam. Bila suka, Anda dapat memesan tumis bunga pepaya.

Penasaran bukan? Kalau daun singkong mungkin sudah sering kita coba, lalu bagaimana dengan daun bunga pepaya? Menurut Adriana selaku pemilik Pawon Nyonya, daun pepaya ini sudah terlebih dahulu direbus dengan garam.

“Jadi, rasanya tidak terlalu pahit,” katanya.

Bunga dan daun pepaya ini direbus secara terpisah sehingga rasanya tidak tercampur. Sayur lain yang bisa dicicipi di sini adalah cah kangkung dan sawi tumis pedas. Untuk ikannya, ada gurame goreng asam manis yang dapat disantap bersama keluarga.

Minuman di sini juga beragam,di antaranya wedang secang, wedang tape, dan wedang kunyit asam. Kalau untuk berbuka, cocoknya memilih minuman aneka es.Ada es teh belimbing, dan es teh tape ketan. Adapun es melon Nyonya berisi semangka, melon, cincau, nata de coco, stroberi,dan dengan air jus melon.

Pas banget untuk berbuka puasa. Pawon Nyonya juga menyajikan takjil yang berganti-ganti setiap harinya. Khusus pada bulan Ramadan ini dikeluarkan menu nasi kebuli. Adriana mengatakan, beberapa hidangan yang ada di restorannya merupakan resep turun-temurun keluarga. (okezone.com/nsa)

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger