FEATURED VIDEO

Selamat Datang di "GERBANG KADIRI NEWS". ..................................................................................... Kami berusaha memberikan informasi yang uptodate bagi pengunjung ataupun penggemar GE-KA NEWS. ..................................................................................... Jangan lupa tinggalkan komentar anda, agar kami dapat memperbaiki atau memberikan yang lebih baik untuk kepentingan kita bersama. Terima kasih. ..................................................................................... (GE-KA / 4reitech Team)

Saturday, May 29, 2010

Bahtsul Masail Bukan Ajang Keluarkan Fatwa

29-05-2010
Kediri - Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf meminta kegiatan Bahtsul Masail yang dilakukan para santri di pondok pesantren, tidak dijadikan ajang mengeluarkan fatwa, sehingga meresahkan masyarakat.

Menurut Saifullah Yusuf yang lebih akrab disapa Gus Ipul, bahtsul masail dapat dijadikan sebagai ajang tukar pikiran, bukan perlombaan mengeluarkan fatwa. Jika setiap pertemuan bahtsul masail, ada fatwa baru lalu mendapat fatwa tandingan, justru akan membingungkan masyarakat.

Hasil kegiatan bahtsul masail seharusnya mampu disikapi dengan bijak. Permasalahan, yang dibahas dalam kegiatan tersebut, juga harus disesuaikan dengan realita yang empirik, sehingga mampu memberikan jalan keluar yang bermanfaat. Kata Gus Ipul, yang namanya fatwa harus dilakukan penelitian lebih dahulu, seperti yang dilakukan ulama ulama besar setingkat Imam Syafii. Bukan sekedar keputusan, kemudian disampaikan ke masyarakat, hingga dipahami berbeda beda.

Akhir-akhir ini hasil bahtsul masail yang dikeluarkan oleh pondok pesantren membuat masyarakat, kebingungan. Seperti hasil pembahasan bahtsul masail oleh para santri se-Jawa dan Madura yang dilakukan di Pondok Pesantren Al Falah Ploso, menyikapi nikah siri, serta salon waria, juga bahtsul masail yang digelar di Ponpes Lirboyo beberapa waktu lalu, terkait facebook.

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger