FEATURED VIDEO

Selamat Datang di "GERBANG KADIRI NEWS". ..................................................................................... Kami berusaha memberikan informasi yang uptodate bagi pengunjung ataupun penggemar GE-KA NEWS. ..................................................................................... Jangan lupa tinggalkan komentar anda, agar kami dapat memperbaiki atau memberikan yang lebih baik untuk kepentingan kita bersama. Terima kasih. ..................................................................................... (GE-KA / 4reitech Team)

Saturday, June 5, 2010

Moratorium hutan dipertanyakan

Hutan Indonesia
(Pengusaha mempertanyakan peraturan pasca moratorium hutan)

GE-KA, Sejumlah pengusaha Indonesia mempertanyakan kejelasan aturan pemerintah dalam mengelola hasil hutan pasca ditandatanganinya kesepakatan moratorium penghentian konversi hutan alam dan gambut.
Sejumlah pengusaha pada pertemuan di Kementerian Kehutanan hari Jumat mempertanyakan kepastian hukum dalam mengelola hutan pasca ditandatanganinya kesepakatan penghentian sementara konversi lahan gambut dan hutan alam.

Mulyadi Gani dari perusahaan pengelolaan hutan di Bengkalis, Kepulauan Riau mengatakan:"Tentu untuk berinvestasi di budjet 2011 pasti dia akan berkurang yah. Karena ini kan belum ada juklaknya. Ada kemungkinan nanti kalau izinnya diteruskan RKT tahun depan tiba-tiba nggak boleh keluar."

Tetapi pemerintah menjamin tidak akan ada kesimpangsiuran aturan soal ini.
"Yang sudah silahkan jalan terus. Nah yang belum yang izin baru jangan kita menebang hutan alam. Itu saja," kata Menteri Kehutanan Zulkfili Hasan.

Pemerintah memastikan investasi perusahaan pengelolaan hutan tidak akan terganggu selama tidak bersinggungan dengan lahan gambut dan hutan alam.
Pengamat lingkungan menilai langkah pemerintah ini sebagai langkah yang tidak konsisten dan tidak tegas karena masih mengizinkan sektor publik membuka lahan skala kecil mulai untuk intrastruktur sampai bidang minyak dan gas.

"Tanggal satu Juni itu Kementrian Kehutanan menyatakan 104,8 juta hektar akan dimoratorium...itu konsekuensinya seluruh hutan alam yang tersisa ... Tetapi kalau perusahaan tetap bisa jalan ini akan kontraproduktif dan semakin membingungkan publik," kata pegiat Walhi Teguh Surya.
Pemerintah Indonesia pada akhir Mei lalu menandatangani kesepakatan penghentian penggunaan lahan gambut dan hutan alam selama dua tahun dengan pemerintah Norwegia.

Kesepakatan ini merupakan bagian dari upaya kedua negara untuk menjaga pelestarian hutan. Kepakatan ini juga memberikan Indonesia dana hibah sebesar satu milyar dollar amerika yang nantinya digunakan untuk pelestarian lahan gambut di Indonesia.

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger