FEATURED VIDEO

Selamat Datang di "GERBANG KADIRI NEWS". ..................................................................................... Kami berusaha memberikan informasi yang uptodate bagi pengunjung ataupun penggemar GE-KA NEWS. ..................................................................................... Jangan lupa tinggalkan komentar anda, agar kami dapat memperbaiki atau memberikan yang lebih baik untuk kepentingan kita bersama. Terima kasih. ..................................................................................... (GE-KA / 4reitech Team)

Saturday, June 5, 2010

FMPP: SMS Meresahkan Hukumnya Haram

FMPP: SMS Meresahkan Hukumnya Haram

 GE-KA, Kediri - Forum Musyawarah Pondok Pesantren (FMPP) Se Jawa-Madura, menyarankan masyarakat untuk tidak menanggapi SMS tidak dikenal, yang menjanjikan sesuatu yang tidak masuk akal. Salah satu materi pembahasan dalam bahtsul masail FMPP Se Jawa-Madura, yang digelar di Pondok Pesantren Lirboyo kamis kemarin, adalah  hukum menyebarkan SMS yang meresahkan.

Salah satu contoh adalah, SMS yang tidak dikenal yang meminta agar isi SMS  yang biasanya mengutip satu ayat Al-Quran, disebarkan dan akan mendapat hadiah, tetapi bagi yang tidak menyebarkan akan celaka. Hasilnya, hukum menyebarkan SMS tersebut haram. Pasalnya, hal itu meresahkan masyarakat, karena bisa menyebabkan beban psikologis dan menimbulkan rasa takut.

Kyai Ali Musthofa Said, salah satu perumus bahtsul masail FMPP Se Jawa-Madura mengatakan, pengambilan hukum haram itu, berdasar keterangan dari kitab kitab karangan ulama terdahulu yang sudah disepakati bisa dijadikan landasan. Tentunya merujuk pada hadis dan ayat Al-Quran. Kata Kyai Ali Musthofa, masyarakat dihimbau tidak ikut menyebarkan jika mendapat SMS yang meresahkan, karena  jelas hukumnya haram.

Kyai Ali Musthofa Said menambahkan, biasanya, penyebar SMS yang meresahkan tersebut, hanya bertujuan untuk iseng. Meski begitu tetap dianggap haram, apalagi jika disebarkan pada orang lain dan diyakini benar.

0 komentar:

Post a Comment

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Powered by Blogger